Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Thursday, February 28, 2008

Fase Oral Daffa

Daffa 3 Tahun 3 Bulan

Sudah sejak lama kami merasa terganggu dengan kebiasaan Daffa yang sering menggit bibir bawahnya. Ketika kami perhatikan foto-foto sejak Daffa kecil terlihat bahwa kebiasaan ini sudah Daffa lakukan sejak dia berumur 6 atau 7 bulan sampai hari ini ( 3,3 thn ). Terakhir saat saya lihat,gigi bawahnya ternyata sudah mulai menjorok kedalam. Kami khawatir nantinya gigi dan gusi Daffa akan rusak pertumbuhannya dan gigi depannya akan lebih maju dibanding gigi bawahnya yang sudah tentu akan merusak penampilannya.

Saat Daffa ditanya kenapa sering sekali menggigit bibir bawahnya, katanya : "Habis..enak sih Pak...".

Hari minggu kemarin ketika mengikuti Seminar Parenting di PlayGroup Daffa, bapak menanyakan hal tersebut kepada pembicara ibu Anna Surti Ariani Psi. Ibu Anna kemudian memberikan gambaran latar belakang secara psikologi tentang hal tersebut dan memberikan tips-tips untuk mengurangi dan kalau mungkin menghilangkan kebiasaan tersebut.

Dari informasi yang kami dapatkan baik dari diskusi, mailing list dan literatur di web, dikatakan bahwa seorang anak biasanya akan melewati suatu tahap yang disebut fase oral. Fase oral ini adalah fase dimana seorang anak mendapatkan kenikmatan dari daerah bibir dan mulut. Makanya sering kita temukan anak batita yang sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Supaya seorang anak bisa berkembang sempurna secara emosional, maka fase oral ini perlu dilewati sampai selesai, yaitu ketika anak berhenti dengan sendirinya.

Dalam jangka panjang, fase oral yang berlangsung lama seperti sering mengisap jari, menggigit bibir bawah, penggunaan empeng , dll dapat mengakibatkan masalah pada gigi, rahang bahkan perkembangan jiwa anak bila sering diolok-olok. Terkadang usaha orang tua yang memaksa untuk menghentikan kebiasaan ini dapat pula mengganggu perkembangan emosional anak.

Beberapa cara yang dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan tidak memarahi, menghukum ataupun mengolok-olok sang anak. Mencari tahu dengan berkomunikasi dengan anak tentang baik buruk kebiasaan ini serta mencoba mengalihkan dengan kegiatan lain yang kreatif saat anak terlihat asyik dengan kebiasaan tersebut.

Fase oral itu sendiri katanya akan berakhir saat anak berusia 2 s/d 4 tahun. Bila kebiasaan ini masih terus berlanjut, bantuan profesional dari psikolog anak ataupun dokter gigi sudah tentu diperlukan. "Bila sakit berlanjut, hubungi dokter", itu kata iklan di TV yang kira-kira berarti, dari sekarang kumpulkan info tentang dokter anak, dokter gigi serta psikolog di sekitar tempat tinggal kami.

1 comments:

doudie said...

Assalamualaikum bun.. Saya jg pnya anak usianya 2th 3 bln sering mnggigit bibir bwh,itu dlakukannya sjk 2 bln yg lalu,dn skrg tmbh parah,tdk hnya wktu tdr,tp sehari hari pn kbiasaan itu dlakukan shg mmbuat saya kesal, sdh sya komunikasikan dn ajak ngbrol tp dia sprti blm mngerti. Prnh sy pkein kencur dn kunyit atas sarn dr ortu tp ttp tdk mempan.. Sya khwtr bsa mrusak struktur rahang dn penampilannya.. Gmn bunda dn ayah daffa mngatasinya wktu itu. Dn sampai kpn daffa brhtni mlakukan itu, dan apa brpngaruh trhdp pnmpilan dan kondisi rahang gigi nya saat ini. Trmksh