Tuesday, April 12, 2011

Kuda Laut

Daffa 6 thn 5 bln

Bapak nemu tulisan Daffa yang bercerita tentang kuda laut, ditulis di kertas HVS. Lalu bapak tulis ulang di blog ini.
-------------------------------------------------------------------------
Kuda Laut

Dua ikan kecil berenang
Disela sela terubu karang enak berenang disini sepi
Tenang ya semoga begini terus
Aku tak suka kalau ada suara
Tiba-tiba hai suara apa itu kok berisik
Oh itu suara akela sedang makan
Hai aku akela
Aku kuda laut, kuda di dalam laut
Maaf kalau ribut
Karena aku harus menyedot makanan
dan saat menyedot aku pasti bersuara seperti tadi
Kalian jangan salah, aku bukan saudara kuda di darat
karena aku termasuk jenis ikan
Wah kalau begitu kamu adalah ikan yang unik
Hmmm coba kulihat apa saja keunikan kamu
Teman teman kita juga lihat apa saja keunikan kuda laut yuk
Ekornya juga unik, mirip ekor monyet yang batang pohon bisa mencengkeram.

Jualan Silly Bandz

Daffa 6 th 4 bln


Sekitar sebulan yang lalu, kami mendapat laporan bahwa Daffa meminta uang kepada mbak di rumah untuk membeli sesuatu dari temannya di kompleks. Permintaan uang itu sampai beberapa kali dan belakangan ketika kami tanyakan ternyata ada temannya yang menjual gelang karet dengan berbagai motif.

Kami tidak membiasakan Daffa untuk jajan sembarangan termasuk tidak memberi uang jajan ataupun memberi uang saku baik di rumah maupun di sekolah. Di Sekolah Alam tempat Daffa sekolah hampir tidak ada pedagang makanan karena setiap anak diwajibkan membawa snack dan makan siang ke sekolah. Di kompleks kami yang berbentuk klaster juga bisa dihitung pedagang yang masuk, yang ada juga harus mendaftar ke pengurus RT/RW sehingga peluang anak-anak untuk jajan sangat kecil.

Kembali ke soal pembelian gelang karet tersebut, menurut Daffa, dia membeli gelang karet tersebut seharga Rp.2000 per-gelang dan dia membeli beberapa kali. Kami terkejut juga mengetahui harga gelang tersebut yang menurut kami mahal. Kami mengira bahwa temannya menjual-nya dengan harga tinggi dan berasumsi karena temannya yang lain yang membeli banyak sehingga Daffa terpengaruh untuk membeli juga.

Belakangan ketika mencari info di Internet, kami mengetahui bahwa gelang karet bermotif tersebut disebut dengan nama gelang Silly Bandz dan waktu itu harganya sekitar Rp. 25 rb/lusin. Pantesan temannya menjual kepada Daffa seharga Rp.2000/buah. Makin ke sini harganya sepertinya menurun karena membajirnya produk sejenis (imitasi) dari negeri Cina.

Kami kemudian "menantang" Daffa untuk menjual juga gelang seperti itu daripada dia yang membelinya, dan Daffa setuju. Kami kemudian membeli gelang seperti itu ke Asemka, disana kami mendapatkan gelang seperti itu seharga Rp. 4 rb/lusin. Kami kemudian membeli beberapa lusin.

Sampai dirumah, kami memperlihatkan kepada Daffa gelang tersebut dan mengajarkan Daffa bahwa kalau Daffa ingin menjual gelang tersebut, sebaiknya jangan terlalu mahal karena yang beli juga teman-temannya di sekitar rumah. Pikiran kami, siapa tahu orang tua mereka tidak suka seperti juga kami kalau anak-anak mereka malah sering jajan.

Besoknya, kami mendapat informasi bahwa dalam sehari, gelang-gelang tersebut berhasil dijual oleh Daffa seluruhnya. Daffa malah mendapatkan keuntungan 100% dari hasil jualannya. Daffa merasa senang atas hasil usahanya tersebut. Bahkan dia menelpon minta untuk dibelikan kembali gelang-gelang tersebut untuk dijual kembali. Yang lebih mengagetkan adalah, Daffa berhasil menjual sebuah mainan yang ditemukannya di jalan kepada salah satu temannya.

Untuk soal mainan yang ditemukannya lalu di jualnya, kami menegur Daffa dan mengatakan bahwa sebaiknya dia menanyakan terlebih dahulu kepada temannya yang lain, apakah ada yang kehilangan barang dan mengembalikannya bila memang demikian.

Besoknya kami meminta kepada Daffa untuk mengembalikan uang hasil penjualan mainan tadi kepada temannya yang telah membelinya karena mainan tersebut bukan miliknya yang berarti uang hasil penjualannya juga bukan haknya. Kalau uang hasil penjualan Silly Bandz, itu menjadi haknya dan menjadi tabungan bagi dia.

Tuesday, March 15, 2011

Ikut Olimpiade Kuark 2011

Daffa 6th 4 bln


Bulan Februari 2011, Daffa bersama beberapa temannya diikutkan oleh Sekolah Alam untuk ikut berpartisipasi di babak penyisihan Olimpiade Kuark yang diadakan di Sekolah Global Mandiri Cibubur.

Karena Daffa masih kelas 1, maka dia ikut di level 1 dimana peserta level 1 adalah murid sd kelas 1 dan 2.

Prinsip kami dalam lomba-lomba seperti ini adalah tidak terlalu penting hasilnya nanti seperti apa yang lebih penting adalah Daffa senang dan ingin menjalaninya.

Sehubungan dengan lomba ini ada sedikit cerita dimana lomba ini diadakan di hari Sabtu sedangkan sejak hari Rabu sampai Jum'at, Daffa masih sakit sampai tidak masuk sekolah. Di Hari sabtu pagi, Daffa juga masih tidak sehat padahal kalau akan ikut maka peserta harus berkumpul di sekolah sekitar jam 7 pagi.

Kami menanyakan kepada Daffa apakah jadi mau ikut atau tidak. Kalau merasa belum sehat, lebih baik dibatalkan saja. Tapi ternyata Daffa masih tetap berniat untuk ikut.

Meski di rumah terlihat lemas karena selama 3 hari itu dia sakit perut (mkn diare) sehingga lemas dan suhu cukup tinggi, tapi begitu sabtu pagi bertemu teman-temannya di Sekolah Alam, dia terlihat ceria dan sehat. Alhamdulillah.


Monday, March 14, 2011

Ultah Daffa di Sekolah (8 Nov 2010)

Daffa 6 thn 4 bln

Sudah lama tidak update blog. Maaf ya Daffa, kegiatannya jadi tidak terdokumentasi dengan baik. Untuk permulaan, bapak coba posting foto-foto saat Daffa Ulang Tahun ke 6 di Sekolah Alam tgl 8 November 2010 yang lalu.





Monday, September 20, 2010

Kutipan yang sayang dilewatkan.

Tidak ada kata lelah dalam cinta seorang ayah...

Setiap kali ditanya, kenapa dalam keadaan selelah itu, ayah masih saja menyediakan waktu dan tenaga yang terkadang di luar kemampuan wajar?
Jawabannya sederhana saja.

"Mumpung mereka masih butuh ayah."

"Anak-anak akan tumbuh besar, menjadi remaja dan punya banyak teman. Atau menjadi
dewasa dan dibekap kesibukan yang tak habis-habis. Entah sampai kapan orangtua masih menjadi teman favorit mereka, Kita tidak pernah tahu."

Kutipan : Rumah Cinta Penuh Warna, Asma Nadia dan Isa, hal 18

Catatan : Bila Ayah saja bisa seperti itu, bagaimana pula seorang Ibu yang 9 bulan mengandung, dan melahirkan sang anak.

Thursday, July 8, 2010

Percobaan Sains

Daffa 5 th 8 bln

Hari Jum'at sekitar jam 10 pagi Daffa tiba-tiba menelpon ke HP bapak dari HP yang kami tinggal di rumah untuk cadangan kalau telpon rumah mati/rusak.

Daffa : Pak kita punya pipa paralon nggak ?
Bapak : Untuk apa pipa paralon ?
Daffa : Daffa mau buat percobaan.
Bapak : Oh..ada..pipa paralon yang warnanya putih ada di belakang.
Daffa : Kalau pipa paralon yang ukurannya 15 gr ada..?
Bapak : Oh..kalau pipa paralon itu ukurannya namanya panjang..disebutnya meter, atau centimeter....kalau gram itu berarti nanya berat....coba aja cari dibelakang pipa-nya.
Daffa : Kalau kertas ukuran 15 ada ?
Bapak : Oh kalau kertas..pake aja kertas yang biasa Daffa pakai buat gambar aja.
Daffa : Kalau kertas ukuran 15 kali 25 ada..?
Bapak : Ya itu..pakai kertas yang Daffa biasa pakai aja.
Daffa : Trus kalau selotip kita ada?
Bapak : Kalau itu pakai plester aja kan ada juga.
Daffa : Gunting kan kita ada ya..lem juga kita ada ya..
Daffa : Oke..Daffa mau buat percobaan dulu ya....dadah..
Bapak : Eh..minta bantuan mbak ya..

Demikianlah, salah satu kegiatan Daffa selama musim liburan ini adalah melakukan percobaan dari buku "Buku seri 50 eksperimen sains dengan bahan sehari-hari" tulisan Pak Muzi Marpaung.

Kalau dulu , percobaan itu kami lakukan bersama-sama karena Daffa belum lancar membaca, saat ini dia sudah bisa sendiri membaca perlahan-lahan petunjuk yang ada dibuku seperti, bahan-bahan percobaan yang perlu disiapkan, cara melakukan percobaan dan hasil yang seharusnya di dapatkan. Sesekali, Mbak Nana, Asisten di rumah kami yang membantunya mencari bahan-bahan yang diperlukan maupun hal-hal lain yang dia belum bisa lakukan sendiri.

Thursday, June 3, 2010

Minta Beli Kado

Daffa 5 thn 7 bln

Sore tadi tiba-tiba HP berdering...ternyata Daffa yang nelpon.


Bapak : Assalamu Alaikum Wr.Wb
Daffa : Ini Daffa..
Bapak : Iya nak..ada apa..?
Daffa : Pak..di dekat kantor bapak ada toko mainan nggak..?
Bapak : Kenapa..? Daffa mau beli mainan..? Kan Daffa sedang libur ?

Sejak 2 bulan ini kami menerapkan sistem dimana begitu Daffa beli mainan, dia akan libur tidak membeli mainan sampai tanggal yg disepakati bersama (biasanya sebulan).

Daffa : Tadi teman Daffa ulang tahun.
Bapak : Kok nggak ada undangannya?

Biasanya, kalau ada teman Daffa di sekolah yang ultah, baik anak PG, TK-A maupun TK-B, dan dirayakan di sekolah, biasanya ada undangan ke setiap anak, dan kami biasanya membelikan kado.

Daffa : Tadi cuma ada kue ulang tahun saja.
Bapak : Oh..jadi daffa mau kasih kado ke temannya.
Daffa : Iya..kasih barbie saja atau puzzle aja.
Daffa : Tapi tadi Daffa sudah kasih doa yang terbaik sih..
Bapak : Oh gitu..gimana doa-nya..?
Daffa : Eee...(agak lama jawabnya..mkn mikir), Daffa lupa..tapi Daffa udah baca Al Fatihah dan
Amin..amin..

Bapak : Oh gitu..sambil tersenyum..

Lalu klik!..telepon dimatikan sepihak. :-)