Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Wednesday, November 5, 2008

Percobaan Ilmiah

Sejak libur panjang Idul Fitri kemarin, Daffa terlihat tertarik dengan "percobaan ilmiah" . Asal mulanya ketika dia membuka-buka buku "Ayo Main" dari Rinso dan juga buku dari "Widya Wiyata Pertama: Cobalah Sendiri" . Di Buku Widya Wiyata tersebut ada cerita percobaan dengan gambar anak-anak yang membuat "gunung berapi". Kebetulan di buku "Ayo Main" juga ada kegiatan membuat "gunung api" itu dan Daffa tertarik untuk mencobanya. Percobaan kali itu dibantu oleh Ibu karena bapak sedang sibuk mengecat rumah.
Setelah itu, melihat ketertarikannya dengan "percobaan-percobaan" tersebut, bapak lalu ikut memesan 4 buah "Buku seri 50 eksperimen sains dengan bahan sehari-hari" yang di diskon 50% menjadi Rp.50.000 karya Pak Muzi Marpaung, pengasuh Rumah Sains Ilma. Dibuku itu juga banyak sekali eksperimen yang sederhana yang bisa dicoba oleh anak-anak. Intinya bahwa bapak berusaha menyediakan beberapa sarana buku bacaan yang bisa digunakan oleh Daffa untuk belajar dan bereksperimen sampai sekolah nanti.

Sudah cukup banyak percobaan yang sudah dilakukan Daffa, baik bersama ibu, bapak maupun sekarang ini bersama Mbak Nana, pengasuhnya sehari-hari di rumah. Bersyukur juga ada Mbak Nana di rumah yang bisa membimbing daffa dalam melaksanakan percobaan-percobaan tersebut.

Saat ini Daffa sedang mengadakan percobaan mengamati kembali pertumbuhan kacang hijau yang ditaruh di luar rumah dan di dalam rumah. Percobaan ini mungkin memerlukan waktu beberapa hari untuk melihat hasilnya. Juga tadi malam dia sudah mengajak untuk membuat kereta api dari ranting pohon. Kegiatan tersebut rencananya akan dibantu pelaksanaannya besok siang oleh Mbak Nana.

Meski mungkin percobaan-percobaan tersebut belum terlalu dimengertinya, setidaknya minat Daffa ada dan mucul untuk melaksanakan hal tersebut. Bapak percaya bahwa hal-hal yang dilakukannya setidaknya akan membekas di hati, jiwa dan pikirannya dan semoga terbawa dan bermanfaat sampai dia besar nanti. Amin.

Cat:
- Buku Widya Wiyata dibeli di Pasar Senen seharga rp. 30-an ribu
- Buku seri 50 eksperimen sains dengan bahan sehari-hari (4 buku) seharga rp. 50.000
- Buku Bisa bikin ini itu seharga rp. 15.000

1 comments:

Reni Dwi Astuti said...

syukurlah daffa sudah dapt mbak baru, semoga cocok ya dan daffa nya senang...jadi daffa nggak perlu dititipkan lagi kan...