Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Tuesday, January 22, 2008

Bermain Peran

Daffa 3 Tahun 2 Bulan

Daffa bermain bersama kak Febri (5 thn)

Malam itu kami berdua sedang duduk-duduk di sofa setelah selesai makan malam. Kami sedang bersantai sambil mengamati "kesibukan" Daffa. Mainannya sedang berhamburan di lantai, ada mainan sejenis Lego, ada mobil-mobilan, pinsil dan rautannya, dll. Saat itu dia sedang meraut pensil-pensil hadian ulang tahun temannya di sekolah.

Tiba-tiba dia datang kepada kami dan berkata :

Daffa : "Pak, mau beli pensil nggak..?"
Bapak : Sambil tersenyum , "Oh..Pak Daffa mau jual pensil ya..? berapa harga
pensilnya..?"
Daffa : " Enam puluh empat puluh satu..?", Daffa belum mengerti tentang nilai uang sehingga sering menyebut harga dengan angka sekehendaknya.
Bapak : " Bapak beli dua ya....ini uangnya", sambil memberikan uang pura-pura kepadanya. Daffa mengambil uang pura-pura tersebut dan menaruhnya ke kantongnya. Kemudian pensil tersebut Bapak berikan kepada ibu dan gantian ibu yang berperan sebagai penjual pensil.

Ibu : "Pensil...pensil...siapa yang mau beli pensil..?"
Daffa : "Saya !!!"
Ibu : " Oh..Pak Daffa mau beli pensil ya...mau beli berapa Pak Daffa..?"
Daffa : " Mau dua..."
Ibu : " Harganya seribu limaratus.."

Daffa kemudian pura-pura membayar dan ibupun menerima uang pura-pura tersebut. Demikianlah salah satu permainan peran yang Daffa ingin mainkan malam itu. Dihari-hari lain, Daffa biasa bermain peran bersama kami, bersama mbaknya di rumah ataupun sendirian saja bersama mobil-mobilannya bahkan bersama bola mainan yang berperan sebagai dedek bayi dan dia sebagai kakaknya ataupun pengasuh dari "dedekbayi" tersebut

Permainan peran ini menurut literatur ternyata memiliki begitu banyak sisi positif bagi perkembangan anak seperti melatih imajinasinya, meningkatkan kemampuan berbahasa, berempati dan yang lainnya. Kadang kami tersenyum-senyum sendiri saat melihat ataupun diajak bermain peran oleh Daffa.

0 comments: