Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Sunday, March 28, 2010

Sholat Berjamaah di Rumah

Daffa 5 thn 5 bln

Seperti biasa, setiap hari libur (sabtu-minggu), kami membiasakan untuk sholat maghrib berjamaah di rumah. Tujuannya untuk membiasakan Daffa sholat berjamaah, memperlancar bacaan sholat Daffa serta melatih kedisiplinan saat waktu sholat datang dan juga adab saat sholat berlangsung. Idealnya sih sholat berjamaah itu dilakukan tidak hanya dalam satu waktu tapi juga di 5 waktu lainnya.

Peningkatan yang terjadi kali ini adalah permintaan Daffa untuk mengumandangkan Adzan dan dilanjutkan dengan Qomat sebelum sholat dimulai. Bapak merasa bangga bahwa Daffa ternyata sudah berani dan hapal dengan bacaan adzan maupun qomat tersebut.

Selama sholat, meski perlahan, Daffa juga membaca bacaan sholat mulai dari Doa Iftitah, Surah Al Fatihah, bacaan berupa ayat pendek semacam surah Al Kafiruun, Surah Al Ashr dll, bacaan ruku' dan sujud serta duduk diantara 2 sujud. Meski terkadang selama pelaksanaan sholat tersebut dia masih bermain-main seperti sujud saat yang lain ruku', menoleh kekanan atau kekiri atau bahkan membuka sarungnya selama sholat, tapi Alhamdulillah dia mau menunaikan sholat saat adzan mahgrib berkumandang.

Dalam pelaksaan sholat berjamaah ini, banyak juga timbul pertanyaan dari Daffa seperti kenapa Bapak sebagai Imam posisinya paling depan karena dia juga ingin di depan, atau kenapa ibu dan wanita di rumah posisinya dibelakang. Kadang karena bapak belum tahu jawabannya, maka di pending dulu jawabannya untuk dicari bersama.

Semoga sifat Daffa saat ini yang masih kadang semangat kadang malas dalam pelaksaan sholat berjamaah tersebut makin berkurang dan semakin meningkat kedisiplinannya. Amin.

0 comments: