Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Sunday, March 21, 2010

Mandi oh Mandi

Daffa, 5th 4 bln

Urusan mandi bagi Daffa termasuk hal yang bikin sakit kepala bagi ibunya. Bagi ibunya, menyuruh Daffa untuk mandi lebih sulit daripada menyuruhnya main. Ya iyalah... :-D. Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka biasanya sarannya adalah dengan mengajaknya bermain sambil mandi. Kalau dulu bisa sambil bermain dengan busa, boneka karet, dll tapi kan nggak setiap saat cara itu dapat dilakukan terus.

Bapak sudah sering mengatakan kepada ibu bahwa untuk mengajak Daffa mandi tidak cukup dengan menghimbau, mengajak atau sekedar menjanjikan sesuatu kepadanya dengan syarat mandi dulu, tapi harus dengan tindakan nyata yakni membimbing tangannya dan membawanya ke kamar mandi. Tapi sampai kapan hal seperti itu harus terus dilakukan? Kami inginnya, Daffa dengan kesadaran sendiri mau mandi bila waktunya tiba. Mungkin saat ini belum ya?

Sore kemarin, waktu mandi telah tiba, Daffa masih bermalas-malasan untuk mandi, sudah dihimbau beberapa kali masih nggak beranjak. Malah ngajak bapak bermain petak umpet. Akhirnya bapak mendapatkan ide. Bapak kemudian membuat perjanjian yakni, siapa yang 3 kali berhasil menemukan persembuyian "lawannya", maka dialah yang menang. Dan yang menang harus mandi terlebih dahulu diikuti oleh yang kalah. Daffa terlihat berpikir sejenak lalu mengiyakan perjanjian itu.

Yang bersembunyi pertama adalah Daffa. Bapak lalu menghitung dari 1 s/d 10 dan Daffa bersembunyi. Dengan mudahnya, bapak berhasil menemukan Daffa. 1-0 untuk bapak. Berikutnya bapak yang bersembunyi dan Daffa yang mencari. Bapak sengaja bersembunyi di tempat yang mudah terlihat. Ternyata Daffa berpura-pura tidak melihat bapak dan beberapa saat kemudian berkata" Daffa menyerah, susah sekali menemukan bapak". 2-0 untuk bapak. Berikutnya sudah bisa ditebak, bapak keluar sebagai pemenang dan sebagai hadiahnya adalah mandi terlebih dahulu.

Ibu Daffa berkata, "Anaknya cerdik begitu mau dikerjain", ha..ha..ha. Setelah bapak mandi, sesuai perjanjian, maka berikutnya Daffa dengan sukacita juga mandi. Akhirnya berhasil juga mengajak Daffa mandi meski dengan cara cukup berliku :-)

1 comments:

Princess Kayla said...

wah, ternyata dalam hal mandi daffa nggak jauh beda dg kayla ya...susah banget...tapi minggu2 terakhir ini kayla akan dengan mudah mandi dengan syarat masuk ke bak mandi waktu dia bayi sambil berendam di dalamnya...
tapi, sampai kapan juga ya...??? apalagi kalau waktunya terburu-buru...tapi biasanya kalau waktunya mepet kayla mau juga tanpa berendam di bak mandi...