Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Sunday, December 16, 2007

Sehari Bersama Daffa

Daffa 3 Tahun 1 Bulan

Hari minggu kemarin, bapak iseng-iseng menulis keseharian Daffa selama sehari itu. Berikut penuturannya.

6.30 Daffa bangun pagi. Biasanya sih bangunnya sekitar jam 5 pagi kalau hari kerja. Karena ini hari libur, setelah sholat subuh, bapak ibu biasanya baring-baring lagi sehingga Daffa tidak ikut terbangun. Kalu hari kerja, sepertinya Daffa bisa mencium bau tubuh bapak ibu yang tidak ada disamping mereka karena sibuk persiapan berangkat kerja.
Setelah bangun, Daffa dibuatkan minum teh sambil menonton DVD lagu-lagu anak.

7.30 Daffa mandi. Daffa biasanya cukup sulit untuk diminta mandi. Biasanya kami memberikan pilihan, mau mandi sama Bapak atau sama Ibu. Umumnya sudah bisa ditebak...maunya mandi sama Bapak. Alasannya sih karena kalau sama bapak tidak terlalu banyak aturan saat mandi...beda sama ibu..he..he.. Habis mandi, dalam rangka proyek mengurangi diapers, kali ini Daffa cuma dipakaikan celana dalam spiderman dan celena pendek saja. Daffa meski sudah 3 tahun masih saja memakai Diaper, sudah beberapa kali kami mencoba menghilangkan pemakaian diapers ini tapi masih belum berhasil. memang salah kami juga yang tidak membiasakannya sejak dia masih kecil. Ini pelajaran juga bagi ibu-ibu sekalian agar melatih sejak kecil pengurangan diaper ini agar tidak seperti Daffa. Semoga libur panjang akhir tahun nanti, Daffa bisa lepas dari diaper, setidaknya berkurang drastis lah...maklum lah...sebulan habis Rp.300.000 buat diaper saja.

8.00 Main sepeda 3 roda, tapi cuma di dalam rumah saja, maklum hari sedang mendung dan sedikit gerimis.

8.30 Hari sedikit cerah, kebetulan tukang sayur lewat dan ibu harus membeli sayur, Daffa langsung menghambur keluar ingin ikutan berbelanja sayur. Kebetulan lagi, tetangga juga pada beli sayur dan ada kak Febri (5 thn), akhirnya Daffa bermain kejar-kejaran bola bareng kak Febri di lingkungan sekitar rumah.

9.00 Saatnya makan pagi, kali ini menunya nasi goreng hasil beli di "Mie Jawa" Cibubur yang nggak habis kemarin malam. Sambil makan disuapi ibu, Daffa bermain tebak-tebak gambar dan juga membedakan gambar dari majalah Buncil. Cara bermainnya adalah, Daffa harus mencari 3 perbedaan dari 2 buah gambar yang sama. Permainan ini sudah sangat dikuasainya dan dia biasanya sangat cepat mendapatkan perbedaan tersebut. Selesai makan dan main, Daffa kami ajak kencing di WC dan kebetulan dia mau padahal biasanya dia bilang " belum"..."belum"....lumayan...bisa berhasil 2 jam tanpa diaper.

9.30 Bermain mobil-mobilan sambil mengenalkan matematika. Cara bermainnya, mobil-mobilan Daffa disusun berjejer. Susunan terdiri atas 20 lebih mobil-mobilan. Lalu bapak meminta Daffa mengambil mobil berwarna hijau dan mengelompokkannya disudut yang lain termasuk jumlahnya. Demikian juga dengan warna-warna lainnya. Akhirnya adalah balap mobil antara mobil yang berbeda warna tersebut. Selanjutnya menonton kembali DVD lagu anak-anak sambil Daffa bernyanyi mengiringi penyanyi di DVD. Selanjutnya acara bebas karena bapak juga membaca buku sehingga tidak memperhatikan secara detail kegiatan Daffa antara jam-jam tersebut.


11.30 Makan siang. Sambil disuapi ibu, Daffa bermain mobil lintasan. Untuk permainan ini, bapak bersama Daffa menyusun lintasannya dulu karena terdiri atas terowongan dan jembatan. Setelah makan dilanjutkan dengan bermain dihalaman yakni mobil luncur dimana mobil digelindingkan dari ketinggian dan meluncur kebawah.

12.00 Bermain Komputer. Setiap hari libur, yakni sabtu dan minggu bila kami tidak ada acara keluar rumah, Daffa selalu minta untuk bermain komputer di jam makan siang dan waktu sebelum tidur siang. Kali ini Daffa bermain program Boby Bola 3 yang merupakan vcd hadiah dari pembelian susu Dancow. Meski permainan di vcd ini terbatas dibandingkan vcd aslinya, tapi cukup disenangi oleh Daffa, khususnya program-program game yang terdapat didalamnya.

13.00 Waktunya tidur siang.

15.00 Bangun tidur lalu minum segelas susu UHT. Setelah itu lanjut lagi main lintasan mobil. Setelah bosan, Daffa minta untuk bermain plastisin aka playdough. Bersama bapak, Daffa membentuk orang-orangan , ikan-ikanan dan juga sepeda-sepedaan. Terakhir dengan tidak sengaja membuat bentuk semacam mic dan menginspirasi Daffa untuk memutar kembali vcd lagu anak-anak di TV sambil dia bergaya untuk menyanyi. Kalau sudah begitu, kita yang harus mengalah untuk tidak menonton program TV yang disenangi.

17.00 Waktunya mandi sore. Kali ini Daffa mau dimandikan oleh ibu. Habis mandi, Daffa minta main komputer lagi dan sepertinya ada game Boby Bola yang belum diselesaikannya sehingga program itu lagi yang dimainkannya.

17.30 Nonton SpaceToon. Kebetulan ada acara menarik di stasiun Space Toon, yakni Kamus Al Qur'an dimana anak-anak dikenalkan dengan benda-benda berikut bahasa Arab dan Bahasa Indonesianya. Cara mengenalkannya juga menari yakni dengan menggunakan media plastisin aka playdough. Kali ini kata yang diambil adalah Bulan. Langsung saja Daffa mengajak kembali untuk bermain plastisin dan membuat Bulan dan tulisan bulan menggunakan media plastisin.

18.15 Makan malam dilanjutkan dengan minum teh lagi. Saya juga lupa sejak kapan ya Daffa gemar minum teh? padahal sebelumnya dia sukanya minum susu UHT saja sejak umur 1 tahun.

18.45 Berjalan-jalan keliling kompleks. Acara ini sebenarnya baru 2 hari ini saja kami lakukan. Biasanya kami berdua keliling memutari sekitar 7 s.d 8 rumah sekalian ramah-tamah dengan tetangga ataupun satpam yang ketemu dijalan. Pulangnya biasanya kami main kejar-kejaran sampai rumah.

19.30 Acara santai. Kami menonton acara "Akhirnya Datang Juga" dan Daffa bersama bapak bermain menulis kata-kata dibuku seperti Meja. Kursi, Buku, dll sambil memperbanyak kosa kata dan melatih menulis dan membaca kata-kata sederhana bagi Daffa.

20.00 Main guling-guling di kamar, bergelut dan main kuda-kudaan , dll pokoknya acara bebas menjelang tidur. Jam 9 malam bapak sudah teler dan nggak terlalu mengikuti kegiatan Daffa. Kayaknya ibu yang bermain sama Daffa sampai jam 10 malam, menurut info dari ibu Daffa masih minta susu lagi segelas sebelum tidur.

0 comments: