Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Thursday, February 18, 2010

Sit In di Sekolah Alam Cikeas

Daffa, 5Thn 3 Bln

Minggu ini, dimulai dari senin, Daffa akan sit in di Sekolah Alam (SA Cikeas). Sebenarnya Sit-in ini menguntungkan bagi semua pihak, bagi Kami dan Daffa, dengan hanya membayar formulir pendaftaran, kami bisa melihat respon Daffa selama sit-in ini apakah dia menikmati pembelajaran disana atau tidak. Dari sisi Sekolah Alam juga dapat melihat apakah sang anak bisa mengikuti sistem pembelajaran yang ada disekolah mereka. Untuk keperluan Sit-In ini, bapak dan ibu cuti bergantian selama seminggu.

Hari Pertama, Bapak bersama Daffa. Dari jam 7 pagi, Daffa sudah mengajak bapak untuk segera berkemas-kemas berangkat, takut terlambat katanya. Jadwal di Sekolah Alam untuk jenjang TK-B adalah masuk jam 7.30 dan pulang jam 12 siang. Sejak ibu berangkat kerja, dan karena mbak Daffa sedang tidak ada, bapak harus menyiapkan minum teh dan sarapan kecil(kue) buat Daffa, mandi pagi dan keperluan lainnya termasuk sesendok sari kurma buat daya tahan tubuh Daffa.

Sesampai di Sekolah Alam, kami laporan dulu ke administrasi sambil menanyakan apakah harus di tunggui atau bisa ditinggal. Keputusannya boleh di tinggal. Sipp..kerjaan kecil menanti di rumah soalnya, ngepel, nyuci, setrika, :-D

Jam 11.30 Bapak sudah siap menjemput di SA Cikeas. Sempat ngobrol dengan seorang supir pribadi yg sedang menunggu anak asuhnya. Ternyata tinggalnya di Tebet. Salah satu anak asuhnya katanya di SA Ciganjur. Wah..ternyata orang tuanya fanatik sekolah alam juga, meski jauh dari Tebet ke Cikeas di jalanin juga.

Nggak lama, anak TK-B dengan berbaris sambil bergandengan tangan keluar. Dari jauh terlihat Daffa dengan rambutnya yg gondrong (nanti cukur ya Daffa) terlihat lelah, rambutnya basah dengan keringat. Di mobil saat ditanya, Daffa terlihat suntuk, mungkin karena belum biasa berpanas ria. Diperjalanan, bapak berusaha menanyakan apa saja kegiatan di sekolah. Setelah agak santai kena AC di mobil, Daffa mulai sedikit bercerita. Salah satu kegiatannya yang sangat berkesan baginya adalah memberi makan kambing :-D. Kata Daffa, saat diberi makan, kambingnya senang karena mereka bernyanyi "mbek...mbek...mbek..." dengan berirama :-D

Hari Kedua, Bapak bersama Daffa. Sama seperti hari pertama, sejak jam 7 pagi Daffa sudah mengingatkan bapak untuk cepat-cepat beberesnya karena takut terlambat. Untuk sarapan, Bapak berencana membeli dahulu pastel Mak-Cik sambil berangkat ke SA Cikeas, tapi Daffa mengatakan tidak perlu, karena ingin bergegas ke sekolah. Berhubung kemarin, makan siangnya nggak di sentuh ya bapak singgah aja ke Mak Cik beli 5 potong pastel.

Jam 11-an bapak sudah siap di SA Cikeas, selain untuk lihat suasana juga ingin menuntaskan bacaan buku "Dalih Pembunuhan Massal" yg sempat dilarang oleh Kejaksaan Agung. Dibawah pepohonan yg rindang, asyik juga menunggu anak selesai sekolah sambil baca buku. Untung nggak ngantuk.

Jam 12, terlihat murid TK-B sudah mulai keluar dengan bergandengan tangan lagi. Kali ini saya lihat bu Guru dan Pak Guru mengawasi dan mendampingi. Saat akan menjemput Daffa, bu guru mengingatkan saya untuk menyiapkan Sepatu Boot, Sarung Tangan, Topi dan Baju Bekas karena besok kegiatannya adalah berkebun. Wuih..Asyik banget. Berarti sore nanti harus berburu keperluan tersebut, meski kata bu guru kalau nggak punya nggak apa-apa. Salah seorang teman baru Daffa mengusulkan, " Nanti pinjam aja !".

Dijalan Daffa dengan bersemangat bercerita bahwa hari ini dia melakukan petualangan dengan teman-temannya. Tidak seperti kemarin, Daffa terlihat cerah dan bersemangat, mungkin udah terbiasa atau gimana gitu. Saat ditanya apakah ada pelajaran matematika dan membaca, kata Daffa nggak ada matematika yang ada menulis huruf. Gampang banget kata Daffa. Ini mungkin karena di TK Daffa sekarang, pelajaran didominasi dengan Calistung untuk mempersiapkan anak masuk SD yang menuntut sudah bisa Calistung sedangkan konsep SA sepertinya tidak demikian.

Sore hari kami keliling ke 3 Pusat Perbelanjaan untuk mencari keperluan Daffa besok yang alhamdulillah ketemu juga di tempat ke 3, Sepatu boot merah dan sarung tangan buat anak-anak.
Hari Ketiga, Bapak bersama Daffa. Sejak bagun pagi, Daffa sudah kepikiran ke sekolah alam, katanya. Kok masuk SD-nya harus bulan Juli ya..kan masih lama, katanya. Daffa lalu menghitung bulan dari Februari sampai Juli..wah..masih 4 bulan lagi ya.. :-D. Walah..ini aja masih Sit-In belum tentu diterima Daffa, kata bapak. Bapak lalu mengajak Daffa untuk berdoa agar diberikan sekolah yang terbaik buat Daffa.

Sama seperti kemarin, menu bekal Daffa adalah Pastel Mak Cik (4 buah) plus Teh Manis. Lagi-lagi Daffa minta buru-buru takut terlambat. Kali ini perlengkapannya lengkap buat berkebun seperti yang diminta oleh bu guru kemarin. Belakangan, karena cuaca kurang memungkinkan, kegiatan berkebun di tiadakan, maklum hujan deras menjelang siang di seputaran Cikeas. Wah..sayang sekali, tapi untuk kesehatan anak mungkin lebih baik.

Sit-In dalam beberapa hari ternyata cukup mengesankan buat Daffa maupun teman barunya. Saat hendak pulang, hampir semua teman baru Daffa minta salaman dengan Daffa serta mengucapkan sampai berjumpa kembali, sebagian ikut-ikutan salaman dan berkata sampai bertemu besok lagi :-D. "Bapak..kasihan..", kata Daffa di Mobil. Saat ditanya kenapa, katanya "karena waktu bapak kecil nggak ada sekolah alam".

Menurut informasi Pak Guru yang mengajar kelas TK-B, hasil keputusan/pengamatan Sit-In ini akan disampaikan secepatnya oleh mereka dan bila disetujui, maka orang tua anak yang harus siap-siap untuk ikut wawancara dengan direktur SA Cikeas.

Kami orang tuanya hanya berdoa, bila SA Cikeas ini adalah sekolah yang terbaik buat Daffa, mudahkanlah. Bila tidak, mudahkan pula kami mendapatkan yang terbaik tersebut buat Daffa. Amin.

1 comments:

Bundanya Nay dan Carissa said...

Wah pasti seru ya daffa di SA Cikeas, semoga menjadi pilihan terbaik ya skulnya :)