Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Tuesday, June 30, 2009

Negosiasi

Daffa 4 thn 7 bln

Minggu ini merupakan awal dari libur sekolah. Teman-teman Daffa yang sebelumnya kalau pagi atau siang tidak berada di rumah sekarang ramai bermain di sekitar rumah maupun di taman cluster. Daffa akhirnya juga turut bermain , padahal biasanya dia hanya bermain komputer ataupun beraktifitas yang lain dengan Mbak Nana di rumah.

Akibatnya, jam bermain komputernya biasanya terlewatkan karena asyik bermain dengan teman-temannya tersebut. Ketika dia ingat dan ingin bermain, ternyata sudah diluar jam bermain komputernya.

Semalam, ketika bapak pulang kerja, Daffa mencoba bernegosiasi dengan bapak untuk mengatur kembali jam bermain komputernya tersebut.

Daffa : "Pak, boleh nggak jam bermain komputer Daffa ditambah?"

Bapak : "Kenapa begitu?"

Daffa : "Daffa tadi pagi bermain dengan Kak Chika dan Kak Febri, trus jam 5 sore Daffa bermain ke taman, trus Daffa bermain komputer. Sekarang ( jam 19.30) Daffa pingin main lagi.

Sebagai informasi, jam bermain komputer Daffa adalah jam 9-11, jam 14-15 dan jam 17-19. Bapak memberi kesempatan sehari 3 kali buat Daffa bermain komputer karena biasanya waktu-waktu tersebut tidak full digunakan sehingga ketika Daffa lupa/tidak sempat bermain di pagi hari, maka siang ataupun sore hari masih ada kesempatan. Kali ini mungkin Daffa hanya sempat bermain sekali itupun sebentar sehingga dia merasa kekurangan waktu.

Bapak : " Daffa..., kan bapak sudah memberi waktu bermain komputer Daffa 3 kali sehari, malam ini waktu bermain komputer Daffa sudah habis. Sekarang sudah malam dan besok kan Daffa bisa bermain komputer lagi.

Daffa : "Bagaimana kalau waktu bermain Daffa diganti?"

Bapak : "Memang Daffa maunya jam berapa..?"

Akhirnya Bapak dan Daffa bernegosiasi untuk mencari waktu bermain komputer yang pas bagi Daffa dan juga tidak berlebihan menurut bapak. Kami berdua harus "berdebat" mengeluarkan segala jurus argumentasi untuk meng-gol-kan misi kami ( walahhh...berlebihan sekali :-D ).

Sayangnya, sampai saat terakhir, kami belum mendapatkan keputusan yang baik dan benar yang memuaskan kedua belah pihak :-D . Diskusi kami lanjutkan di kamar dengan topik lain sekaligus membuat suasana menjelang tidur.

Hari ini, bapak meminta ibu dan mbak Nana melihat aktifitas keseharian Daffa untuk memilihkan waktu bermain yang paling pas baginya.

2 comments:

Reni Dwi Astuti said...

sekarang sdh deal belum daffa jam main komputernya?

Aris Sunaryo said...

Wah..permintaan Daffa masih berubah-ubah Bu. Kadang mintanya jam segini..kadang jam segitu..:-D