Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Sunday, March 1, 2009

Stop Bullying

Daffa 4 thn 3 bln
Sabtu lalu bapak seharian tidak dirumah karena ada tugas kantor sekalian ingin ke Islamic Book Fair di Gelora Bung Karno. Pulangnya sudah dekat maghrib. Sampai di rumah dapat cerita dari ibu yang juga dapat cerita dari Daffa dan Mbak Nana-nya.

Ceritanya Daffa mengajak Mbak Nana untuk bermain di Taman di dalam cluster. Sesampai disana seperti cerita Daffa, ia bertemu dengan "anak yang nakal" "yang bermata besar dan berkulit hitam". Anak tersebut menurut cerita Daffa mengejar-ngejarnya menggunakan sepeda dan berkata kepadanya " Yang boleh main disini hanya yang menggunakan sepeda, yang tidak punya sepeda tidak boleh main disini !!".

Dari deskripsi Daffa kami tahu bahwa anak tersebut adalah anak tetangga kami yang kebetulan keturunan Arab sehingga berkulit lebih gelap dibanding Daffa dan juga bermata lebar. Anak tersebut sebenarnya bertubuh lebih kecil tapi lebih tua usianya dibanding Daffa. Daffa juga selama ini sangat anti kekerasan, dalam arti kalau bertemu dengan anak-anak lain yang terlihat lebih agresif, dia lebih baik menghindarinya.

Mendengar cerita ibu tersebut, bapak jadi teringat dengan kasus-kasus "Bullying" yang banyak terjadi dimasyarakat. Menurut bapak, kejadian yang menimpa Daffa tersebut termasuk dalam kategori Bullying. Sedihnya lagi, anak-anak tersebut masih seputaran balita atau lebih sedikit. Kalau dibiarkan bagaimana kedepannya.?

Sudah lama bapak memikirkan hal tersebut, bagaimana caranya agar Daffa tidak menjadi pelaku ataupun korban bullying ini. Dulu semasa kecil, bapak merasa menjadi korban bullying karena tidak dapat mengucapkan huruf "R" sehingga sejak usia SD sampai SMP sering menjadi korban ejekan dari teman-teman. Bapak tidak ingin hal tersebut terjadi juga terhadap Daffa sehingga sejak kecil bapak berharap dapat memberikan bekal mental dan fisik yang kuat kepadanya untuk tahan terhadap bullying yang mungkin akan terjadi nanti. Tapi caranya belum bapak ketahui, sehingga dari sekarang bapak dan juga ibu mudah-mudahan bisa terus belajar mencari ilmunya.


Sehubungan dengan hal tersebut, alhamdulillah bapak mendapatkan buku-buku yang Insya Allah mendukung di arena Islamic Book Fair di Gelora Bung Karno. Buku tersebut adalah " Stop Bullying" terbitan Serambi dan juga buku " The Wonder Boys" juga terbitan serambi. Kedua buku itu hanya seharga Rp.30.000 dari yang seharusnya Rp. 90-an ribu.
Buat yang belum ke Islamic Book Fair, ayo ramai-ramai kesana karena hanya sampai tanggal 8 Maret 2009 ini saja.

4 comments:

Betty Kristiawan said...

Iya pak, pingin ikut kesenayan, dah punya jadwalnya sih hehe cuma jauh nih tangerang:)
Btw klo anak2 nakal itu emang susah dikendaliin, anak kita didik biar kasih sayang, namun tidak setiap ortu menerapkan hal sama:) moga aja banyak ortu yang seperti bapak daffa:)

Aris Sunaryo said...

Ke Senayan-nya harus segera bu. Buku-Buku dan diskonnya sangat menarik lho.

Benar bu, mari kita mengajak ortu lainnya untuk mendidik anak-anak kita untuk saling menyayangi sehingga kekerasan terhadap anak bisa dihilangkan.

beautifulday said...

wah bisa belajar dari Bapak Daffa nih..hal2 mendidik anak. sebagai bekal kelak kalau kami punya anak nanti. blognya bagus dan ispiratif sekali.

Unknown said...

Yuk sama-sama belajar ya Ida..

Sepertinya mau ada berita gembira ya Da..? Semoga jadi ya Da.. Amin...