Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Sunday, October 5, 2008

Totto Chan

Daffa 3 Tahun 11 Bulan

Asal muasalnya ketika bapak bingung mencari-cari cerita yang kira-kira "asyik" bagi Daffa sebagai pengantar tidurnya. Akibat lama mencari-cari tersebut sehingga tidak terasa sudah lama sekali cerita pengantar tidur tidak pernah lagi bapak perdengarkan kepada Daffa. Akibatnya, saat hendak tidur, Daffa lebih banyak bermain game di HP.

Stok cerita dari buku sebenarnya cukup banyak karena bapak telah membeli buku-buku seperti Fabel Aesop, The Best Stories of Quran dan Cerita Rakyat Nusantara, tapi sepertinya Daffa belum terlalu tertarik. Akhirnya bapak mencoba menceritakan kisah-kisah dari buku Totto Chan. Alasan bapak mencoba dengan buku ini karena buku ini berisi kisah-kisah pengalaman Totto Chan di sekolah Tomoe yang isinya ringkas dan cakupan umurnya sepertinya Daffa masuk didalamnya yakni sekitar 4 thn s/d 6 tahun. Isinya sederhana tapi mencerahkan bagi bapak dan berharap Daffa suka dengan kisah-kisah Totto Chan disekolah Tomoe itu.

Ternyata dan Alhamdulillah, Daffa senang dan sekarang ini setiap hendak tidur biasanya dia minta untuk diceritakan kisah Totto Chan itu. Biasanya Daffa yang mengambil buku itu, mengamati sampul depannya dan mencoba membaca dengan mengeja.." Totto Chan...Gadis Cilik di Jendela.." lalu membuka lembarannya menuju ke daftar isi dan memilih judul cerita yang diinginkannya.

Judul favoritnya adalah, "Stasiun Kereta" , "Rocky Hilang" dan "Yasuaki-Chan Meninggal". Setiap hari, ketiga kisah itu yang diminta olehnya untuk dibacakan. Bapak sekaligus mengajarkan Daffa untuk mengenalkan tentang halaman dan angka hingga ratusan seperti, kisah Yasuaki Chan Meninggal di halaman 237, maka Daffa bapak minta mencari dari daftar isi tersebut yang mana berisi tulisan "Yasuaki-Chan Meninggal", ada di halaman berapa sekaligus mencari sendiri halaman tersebut dengan membuka lembar-demi lembar halaman buku itu.

1 comments:

Reni Dwi Astuti said...

wah bagus tuh ceritanya...Bundanya Kayla juga suka...tapi belum menceritakannya pada Kayla karena kayla masih suka dengan cerita Mio-nya Mizan... bagus juga ya buat Kayla cerita tentang Totto Chan... makasih ya...mengingatkan deh jadinya.
Mohon maaf lahir dan batin. Minal aidin wal faidzin