Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Monday, April 7, 2008

Gandrung Lagu-Lagu Padang

Daffa 3 Tahun 5 Bulan

Sudah lebih sebulan ini Daffa sedang gandrung dengan lagu-lagu Padang. Kebetulan Ungkunya punya beberapa kaset dan vcd berisi lagu-lagu Padang. Setiap hari nggak pagi, siang maupun malam yang diputar lagu-lagu itu saja. Kami sampai bosan mendengarnya, khususnya bapak sih..he..he...habis banyak nggak ngertinya.

Sepertinya sangat umum bahwa anak balita bila menyukai sesuatu, apalagi tontonan, maka hal itu akan terus diulang-ulang. Bagi orang dewasa, hal tersebut terasa membosankan tapi bagi anak kecil sepertinya berbeda. Ternyata mereka banyak belajar dari hal-hal ataupun tontonan yang diulang-ulang tersebut. Sepertinya kami sebagai orang tua harus memberikan tontonan dan tuntunan yang baik secara berulang-ulang karena hal tersebut akan menjadi pelajaran dan ditiru oleh sang anak.

Kembali ke soal lagu-lagu padang tersebut, hal positif yang didapatkan oleh Daffa adalah perbendaharaan katanya dalam bahasa Padang menjadi semakin meningkat sedangkan bagi bapak bisa ketinggalan kereta karena sulit mengerti ha..ha..ha... ( belajar dong pak....kata Daffa ).

Kalau dulu lagu-lagu yang dihapal oleh Daffa adalah Ilir-ilir dan Astagfirullah dari kaset Kia Kanjeng Emha, maka sekarang, lagu-lagu semacam Takuik, Pandeka Kalek , Talak Tigo maupun Baco Aluih yang dinyanyikan oleh Ajo Andre & One yang dihapal olehnya.

Suatu malam, saat sedang menonton lagu-lagu Padang tersebut,

Daffa : Pak, bapak bisa nyanyi lagu Takuik nggak..?
Bapak : Bapak nggak bisa nak.
Daffa : Kok bapak nggak bisa..? Daffa aja bisa.
Bapak : Bapak kan orang jawa..jadi nggak tau lagu Padang. ( he..he.. jawaban ngawur nih..)
Daffa : Bapak jadi orang Padang dong....dulu Daffa kan orang Jawa...trus sekarang jadi orang Padang...
Daffa : Nanti Daffa jadi orang Makassar kalau bapak beli DVD Makassar.
Bapak : he..he..he..

2 comments:

Ira Melati said...

gmn nih bapak??masa kalah sama daffa??
Daffa aja pinter..bisa jadi 'orang' suku apa aja..pokoknya tergantung lagunya ya daff? hehehehe

Vera said...

Daffa, ajarin azka nyanyi lagu minang yaaa..hehehe....