Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers

Sunday, January 4, 2009

Kegiatan Liburan (3) : Aktifitas di Rumah

Daffa 4 Thn 1 Bln
1. Membantu Mbak Nana mencuci.


Mungkin istilah "membantu" ini bisa dilihat berbeda oleh orang lain. Bagi Daffa sendiri, bermain air di tempat cucian, mengeluarkan kembali cucian dari ember, menggosok cucian di lantai dan sebagainya dianggap olehnya sebagai membantu Mbak Nana mencuci. Tapi bagi Mbak Nana, hal tersebut mungkin disebut mengganggu karena cucian yang akan dijemur malah dibasahi lagi, cucian yang sudah bersih malah digosok kembali dilantai yang kotor, dans sebagainya. Atau bagi kami, berbasah-basahan sampai lama di tempat cucian setelah rapi sehabis mandi adalah suatu hal yang tidak seharusnya.
Untungnya kami kemudian menyadari bahwa hal tersebut bisa jadi merupakan pembelajaran bagi Daffa. Rasa kepeduliannya akan pekerjaan rumah tangga mungkin bisa dibangun. Juga rasa dibutuhkan ataupun dihargai oleh orang yang lebih tua saat dia berniat membantu sudah tentu akan memperkaya rasa percaya diri ataupun empatinya di masa depan.

2. Bermain dan Menggambar.


Kebetulan di kompleks kami ada warga lama yang akhirnya menghuni rumahnya setelah sekian lama dibiarkan kosong. Kebetulan keluarga tersebut mempunyai anak lelaki yang lebih muda beberapa bulan dari Daffa. Daffa sangat antusias dengan hal tersebut karena sebelumnya teman mainnya adalah anak wanita yang lebih tua (8-9 thn) sehingga kalau tidak dibatasi mungkin setiap hari dia ingin bermain dengan anak tersebut (Noval).

Kegiatan utama mereka umumnya diisi dengan bermain dan menggambar kereta -:D selain menonton DVD seperti film Tom and Jerry, Casper maupun Donald.

Kalau sedang tidak ada temannya, permainan lainnya yang digemarinya adalah bermain pedang-pedangan dengan bapak dimana kami membuat pedang-pedangan dari sapu, dari dahan pohon maupun dari gulungan kertas. Perannya adalah kami bergantian menjadi Prince Of Pesia ataupun penjaga istana yang mengejar sang Pangeran.

3. Belajar tentang Peta.


Kegemaran lain Daffa adalah menggambar ataupun meneliti Peta. Baik Peta Dunia, Peta Bandung dan Jakarta, Peta Mudik maupun menggambar peta yang berisi lokasi rumah kami di Cibubur. Kalau sudah melihat-lihat Peta, gayanya sudah seperti Sherlock Holmes yang mencari petunjuk di Peta.

0 comments: