Berikut adalah panduan untuk menilai kesiapan anak memasuki Sekolah .Panduan ini di sadur dari buku "Slow and Steady Get Me Ready". Menurut saya panduan ini juga bisa digunakan untuk menilai kemampuan anak-anak berusia 4 s.d 5 tahun baik nantinya akan sekolah maupun tidak, misalnya anak yang homeshool. Panduan ini tidak bersifat kaku karena setiap anak adalah unik dan yang akan menggunakannya bisa menilai dari point-point yang diberikan dengan menggunakan penilaian : A=Sering , B=Jarang dan C= Hampir tidak pernah.
Cara menilainya adalah :
- Anak kemungkinan besar siap bersekolah bila ada 30 s/d 36 aktifitas dibawah yang sering dilakukan.
- Anak mungkin saja siap bersekolah bila ada 20 atau lebih aktifitas dibawah yang sering dilakukan.
- Anak bisa jadi belum siap bersekolah bila hampir semua aktifitas jawabannya jarang atau hampir tidak pernah dilakukan.
- Anak kemungkinan besar siap bersekolah bila ada 30 s/d 36 aktifitas dibawah yang sering dilakukan.
- Anak mungkin saja siap bersekolah bila ada 20 atau lebih aktifitas dibawah yang sering dilakukan.
- Anak bisa jadi belum siap bersekolah bila hampir semua aktifitas jawabannya jarang atau hampir tidak pernah dilakukan.
PARAMETER PERKEMBANGAN UNTUK MENILAI KESIAPAN ANAK MEMASUKI SEKOLAH USIA 4 S/D 5 TAHUN
1. Toilet Training
2. Makan dengan sendok dan garpu
3. Duduk dengan tenang untuk beberapa saat
4. Senang bila mendengarkan cerita
5. Memakai jaket sendiri tanpa bantuan
6. Mampu mengancingkan jaket sendiri
7. Mampu memakai sepatu sendiri dengan benar
8. Membereskan mainan bila diminta
9. Senang berada diantara orang lain
10. Memperhatikan/merawat barangnya sendiri
11. Berbagi dan mau bergiliran
12. Biasanya menerima apa yang dibatasi oleh orang tua
13. Berbagi perhatian orang tua dengan saudara
14. Mengikuti petunjuk sederhana
15. Berkunjung ke kerabat lain tanpa orang tua untuk waktu yang pendek
16. Mampu menyebut nama lengkap dirinya
17. Mengerti konsep sederhana seperti besar/kecil, keluar/masuk, naik/turun, buka/tutup
18. Mengenali benda yang biasa ditemui dirumah
19. memperlihatkan imej diri yang positif
20. Bertanya untuk memperoleh informasi
21. Mengerti konsep angka ( 1 s/d 15 )
22. Mengenali suara-suara yang biasa ada di rumah
23. Menceritakan pengalamannya
24. Menyebut kegunaan benda yang biasa ditemui dirumah, misal jaket dipakai, pisang dimakan
25. Mengenali delapan warna dasar
26. Mengenali huruf dan suara
27. Mampu mengingat/mengulang 2 atau 3 benda berlainan dalam konsep yang sama, misal (567) , (merah biru kuning), (gbd)
28. Melompat 2 atau 3 kali dengan satu kaki dalam satu garis
29. Mampu menagkap bola yang cukup besar
30. Mampu berlari dan berhenti dengan perintah
31. Mampu menggambar gambar sederhana
32. Mampu membedakan bentuk-bentuk yang berlainan
33. Mampu mencontoh gambar lingkaran atau kotak
34. Berdiskusi cerita yang didengar atau dilihat di TV
35. Memilih objek atau gambar yang hampir sama
36. Memperlihatkan keinginan untuk sekolah.
0 comments:
Post a Comment